Jasa Kirim Toko Shopee di Tolak. Begini Triknya

Saturday, September 28, 2024
Yaris Heykers
Saya akan memulai artikel ini dengan sedikit membahas apa itu Jasa Kirim Toko yang ada di shopee. Jasa kirim toko adalah nama baru pengganti fitur Termasuk Ongkos Kirim. Fitur ini dimiliki khusus untuk penjual di shopee terutama penjual dengan ketentuan khusus seperti menjual produk non fisik (pulsa, ebook), produk butuh penanganan khusus, produk memerlukan instalasi, produk terlalu berat dan lainnya.

Untuk mendapatkan fitur jasa kirim toko saat ini tidak mudah. Banyak penjual dishopee yang melakukan pengajuan beberapa kali tetapi tetap ditolak. Saya akan coba mengupas cara agar pengajuan jasa kirim toko di setujui shopee. Toko saya kebetulan sudah di setujui setelah hampir 6 kali pengajuan.

Saya membuka toko dishopee kurang lebih 7 tahun yang lalu. Kapan dan bagaimana persisnya fitur temasuk ongkos kirim ini disetujui, saya benar-benar lupa, Waktu itu hanya jualan saja dan setelah beberapa order masuk langsung daftar fitur termasuk ongkos kirim dan di setujui.

Saya berjualan produk digital / non fisik di shopee. Kira-kira 2 tahun yang lalu ada kebijakan dimana menjual produk digital di batasi hanya bisa di order menggunakan perangkat laptop atau komputer saja. Sejak saat itu penjualan turun drastis dan akhirnya shopee tidak terurus.

Dalam dua bulan terakhir ini saya mulai aktif berjualan di shopee, tapi saat saya cek toko ternyata fitur Termasuk Ongkos Kirim sudah hilang. Saya coba cari-cari informasi ternyata memang banyak yang di non aktifkan. Jika ingin mengkatifkan kembali fitur jasa kirim toko maka harus mengajukan ulang dan untuk syaratnya juga sama seperti dulu yaitu performa toko yang meliputi penjualan, presentasi chat di balas dan mungkin juga penilain toko.

Syarat agar pengajuan Jasa Kirim Toko di setujui.
Saya mengajukan Jasa Kirim Toko sudah 5 kali, baru di kesempatan keenam disetujui oleh shopee. Apa yang saya sampaikan disini berdasarkan pendapat pribadi saya sendiri, karena memang di shopee tidak ada penjelasan detailnya. Jika anda bertanya kenapa syarat ini tidak di jelaskan secara detail karena penjual di shopee bisa merekayasa semua syarat tersebut. 



Jika melihat dari keterangan tulisan diatas 'Menjaga dan juga meningkatkan performa penjualan berhasil di toko kamu' artinya di sini adalah syarat utamanya adalah penjualan berhasil saja tidak ada syarat lainnya. Pertanyaannya adalah penjualan berhasil ini nilainya berapa? 

Kalau menurut saya pribadi ini mungkin akan tergantung dari produk yang kita jual. Berdasarkan dari toko kami pendapatan toko lebih dari Rp.1.000.000 dalam satu bulan. Performa toko saya selama 1 bulan seperti pada gambar dibawah ini saat mengajukan jasa kirim toko dan di setujui.



Beda toko mungkin akan beda kasus lagi, maksudnya adalah pendapatan tokonya sebagai syarat wajib untuk bisa di terima. Bisa jadi untuk produk dengan harga jutaan atau produk mebel akan berbeda pula nilai pendapatannya. Karena sekali beli produk mebel maka pendapatan akan sudah lebih dari 1 juta. 

Performa yang di hitung bisa jadi adalah jumlah produk terjual dan nilai transaksi yang di hasilkan seperti pada gambar diatas. Jumlah prdouk terjual haya sembilan order selama satu bulan dengan pendapatan 1,4 juta. Jika produk terjual hanya satu order selama satu bulan dengan nilai transaksi lebih dari satu juta mungkin akan gagal dalam mengajukan jasa kirim toko. 


Jika pengajuan jasa kirm toko disetujui akan ada notifikasi seperti pada gambar diatas. Namun perlu diketahui setelah di setujui fitur jasa kirim toko tidak bisa langsung muncul di menu pengiriman saya. Menu ini akan muncul atau aktif setelah 24 - 48 jam atau 1 sampai 2 hari. Untuk mengakitfkan jasa kirim toko silakan seting di menu toko atau di setiap postingan produk. 

Dalam beberapa kasus jasa kirim toko setelah di aktifkan tidak dapat digunakan. Saat pembeli melakukan chekout pilihab pengiriman jasa kirim toko tidak tersedia. Untuk kasus ini kami juga tidak bisa memberikan jawaban. Bisa menghugungi langsung pihak shopee via chat.

Bagi penjual keuntungan jasa krim toko ini bisa menghemat biaya administrasi yang di bebankan ke penmbeli sesar maksimal Rp.10.000 atau 4%. Juga untuk menghindari dari penjual nakal yang memanfaatkan shopee untuk melakukan penipuan. 

All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like