Kenapa Harga Produk di shopee sangat murah / Rp.500 (500 rupiah). Ini Jawabannya

Sunday, August 18, 2024
Yaris Heykers

Banyak sekali produk di shopee di jual dengan harga sangat murah bahkan ada yang jual hanya Rp.500 (lima ratus rupiah), Sebuah harga yang kelewat murah bahkan untuk sekedar membeli gorengan saja masih kurang.


Harga murah ini memang tidak semua produk. Kebanyakan hanya produk digital atau non fisik seperti canva, youtube premium, Zoom, chatGPT dan lain sebagainya. Saya akan mencoba membongkar rahasia kenapa produk-produk digital ini di jual sangat murah di Shopee.


Sebelumnya kita akan sedikit membahas teori ekonomi dasar yaitu = Prinsip berjualan itu adalah mencari untung atau minimal tidak rugi atau balik modal. Dari teori dasar ini maka semua penjual shopee punya prinsip yang sama yaitu mencari untung atau minimal tidak rugi.


Lalu akan timbul pertanyaan apa tidak rugi menjual produk dengan harga Rp.500 di Shopee, sementra ada biaya admin shopee juga? Jawabannya adalah tidak.


Ada banyak trik yang di gunakan oleh penjual di shopee dalam berjualan produk digital. Trik ini akan berbeda-beda menyesuaikan dengan jenis produk yang dijual. Kami akan coba menjelaskan dengan contoh spesifik item yang di jual agar mudah di pahami.


Berjualan produk Versi Trial (gratis pemakaian).

Banyak sekali produk digital yang memberikan layanan gratis pemakaian selama jangka waktu tertentu. Biasanya ada yang 7 hari, 15 hari dan 30 hari. 


Salah satu contohnya produk ini adalah Canva. Untuk dapat menggunakan layanan Canva Pro maka pelanggan di wajibkan untuk membayar dengan harga tertentu sesuai harga berlangganan. Namun sebelum membayar pelanggan mendapatkan fasilitas gratis pemakaian selama 30 hari.


Karena trial atau uji coba pastinya tidak bayar alias gratis. Namun pada kenyataan versi gratis ini juga tetap ada biaya verifikasi kartu sebesar 0,8 USD atau kira-kira Rp.14.000. Pelanggan cukup di minta untuk memasukkan kartu saja dan selama 30 hari ini kartu tidak akan di debit oleh canva kecuali biaya sebesar 0,8 USD saja.


Lalu akan ada pertanyaan lain kenapa harga canva di shopee untuk berlangganan 1 tahun bahkan selamanya juga sangat murah dengan harga hanya 1.000 sampai 10.000 rupiah. Jawaban untuk pertanyaan ini adalah penjual menggunakan akun share dimana akun yang di share ini adalah akun edukasi.


Akun Canva edukasi ini adalah akun yang bersifat gratis selama canva masih bekerja sama dengan pihak pemerintah. Jadi jika di bilang gratis selamanya ini jelas tidak mungkin, karena ada kemungkinan pemutusan hubungan kerja sama antara pihak canva dan pemerintah. 


Karna ini akun share, segala hal.yang anda lakukan di canva maka otomatis akan bisa di lihat oleh si penjual. Cara kerjanya adalah akun canva pembeli di invite ke akun penjual (canva edukasi). Jadi jangan heran kalau pembeli yang ingin menggunakan layanan canva ini akan di minta email. Tujuannya adalah untuk di masukkan ke akun canva edukasi.


Sebagai gambaran harga resmi Canva Pro untuk satu bulan adalah Rp.95.000 / orang. Untuk harga tahunan adalah Rp.769.000/ orang. Harga Team akan berbeda lagi. Dari sini sudah jelas bahwa jika ada harga lebih murah lagi dari harga aslinya tentunya patut di pertanyakan.


Berjualan Produk Sharing.

Pernahkah anda melihat harga berlangganan Zoom di shopee cuma Rp.10.000 untuk sehari pemakaian? Jika pernah saya akan menjelaskan kenapa harganya Rp.10.000 sementara di situs resminya Zoom tidak ada harga Rp.10.000 bahkan tidak ada harga berlangganan sehari.


Harga berlangganan resmi di situs  resmi Zoom hanya ada harga bulanan dan tahunan saja yaitu sebesar 16,64 USD untuk satu bulan dan 164,64 USD untuk satu tahun. Tidak ada harga berlangganan harian. Lalu kenapa ada harga berlangganan harian? Jawabannya adalah menggunakan akun share (berbagi).


Penjelasannya gampangnya adalah setelah anda membeli, maka akun zoom anda akan di masukkan ke akun penjual yang sudah Pro. Setelah sehari pemakaian maka akun anda akan di keluarkan lagi. Karena di invite maka semua aktivitas anda selama melakukan Zoom otomatis akan di ketahui oleh penjual. 


Produk sharing ini pada intinya adalah produk resmi atau membeli secara resmi langsung di situsnya tapi di jual lagi ke pelanggana. Apakah sistem sharing ini syah? jawabannya tergantung dari kebijakan masing masing produk. Tapi pada intinya bukan masalah syah atau tidak syah tapi masalah privasi. Hal yang harusnya privat malah bisa di akses oleh orang lain karena share akun.


Harga Lebih Murah dari Harga Aslinya.

Banyak produk digittal di shopee di jual dengan harga lebih murah dari harga aslinya. Sebagai contoh mudahnya adalah harga produk di shope adalah Rp.120.000 sementara harga aslinya (harga di website resminya) dalah Rp.150.000. Jika di lihat sekilas pastinya penjual di shopee akan rugi menjual produk seharga Rp.120.000 padalah harga aslinya adalah Rp.150.000. 


Penjual ini jelas tidak mungkin rugi karena biasanya mereka mendapatkan harga khusus dari website aslinya. Produk-produk yang di jual ini pada umumnya adalah produk yang menyediakan opsi sebagai reseller contohnya adalah produk games mulai dari topup, beli item games dan lain-lain.


Dari penjelasan di atas ada baiknya jika ingin membeli produk di shopee terutama akun sharing sebaiknya perlu di pertimbangkan lagi. Harga murah ini tidaka kan  sebanding dengan privasi anda. Bagaimana juga privasi ini harus benar-benar di jaga.


Cara mudah untuk memastikan bahwa produk yang di jual di shopee bukan akun share adalah dari sisi harga. Jika harga sama atau mendekati harga resmi di website maka bisa di pastikan itu bukan akun share.




Tidak semua harga murah di shopee adalah akun share seperti contohnya adalah Canva Pro. Harga bisa Rp.1000 rupiah karena ini menggunakan layanan gratis pemakaian selama 30 hari yang di berikan oleh pihak Canva. Jadi dalam hal ini penjual juga tidak rugi, karena tidak mengeluarkan uang sama sekali alias gratis. Kartu yang sudah di tambahkan ke akun canva pro tidak akan di debit otomatis selam 30 hari dan dapat dibatalkan sebelum jatuh tempo atau 30 hari.


Produk Hasil Carding Kartu Kredit.

Dalam sebuah postingan di sosial media facebook seseorang mengalami kerugian dikarenakan tertipu oleh penjual Shopee. Nominalnya cukup besar sebesar Rp.2.500.000.



Carding adalah pencurian kartu kredit dimana kartu kredit ini di manfaatkan oleh penipu di shopee untuk membeli lisensi software. Proses pembelian berhasil, namun saat pemilik kartu kredit mengetahui telah terjadi transaksi kemudian di batalkan dan uang di kembalikan ke pemilik kartu. Secara otomatis maka lisensi software yang sudah di beli akan hangus. 


Kasus diatas ternyata tidak di alamai oleh satu orang, ada lebih dari satu orang yang juga tertipu. Dari sini juga dapat di simpulkan bahwa harga tidak wajar atau lebih murah di Shopee memang harus beanr-benar di pastikan bahwa prosesnya adalah benar. Cek terlebih dahulu di harga resminya lalu bandingkan dengan harga yang ada di shopee.


Produk Bajakan atau Hasil Crack

Dapat saya simpulkan 90% produk software yang dijual di shopee itu adalah produk bajakan. Kenapa demikian karena harga jual sangat jauh berbeda dengan harga produk aslinya. Software bajakan adalah software hasil dari crack jadi tidak perlu mengelurkan uang untuk membeli lisensi. 


Softwware hasil crack secara umum sudah banyak tersedia di website, Software inilah yang dimanfaatkan oleh penjual di shopee untuk di jual ulang. Dengan harga sangat jauh dari harga aslinya penjual akan tetap untung karena tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk membeli software tersebut.


Software crak atau bajakan meskipun bisa di pakai biasanya juga tidak akan bertahan lama. Contoh mudah sofware bajakan ini adalah lisensi Windows dan lainnya. Dalam jangka waktu tertentu biasanya akan meminta kode lisensi yang baru. karena bajakan maka biasanya PC atau Komputer akan ngeblank. Resiko ini lah yang harus di ketahui oleh para calon pembeli di shopee. Harga murah maka siap menanggung konsekuensi.


Jika ingin membeli produk di Shopee dengan harga murah pastikan benar-benar yang terpercaya dalam artian memberikan diskripsi produk sesuai dengan kenyataan karena banyak sekali diskripsi produk yang tidak sesuai dengan kenyataan. Harga murah ternyata adalah akun berbagi atau akun share. Kami merekomendasikan membeli di toko Online Payment Store


Kelebihan di toko ini tidak memerlukan email maupun password dalam melakukan pembayaran dan bisa juga di lakukan pembayaran secara mandiri dengan memasukkan kartu yang sudah di berikan setelah melakukan proses order. Kartu atau alat pembayaran juga sah atau resmi yang di terbitkan oleh pihak bank dan ada bukti transaksi sehingga ke depannya tidak akan mengalami masalah seperti akun di baned (tidak bisa di akses) dan lain sebagainnya.


All New Calya

0 komentar:

Post a Comment test

Youtube

Facebook Like